Jumat, 30 Januari 2009

KISAH TELADAN " KEHATI-HATIAN YANG TAK TERTANDINGI


SUATU MALAM Rasulullah Tidak Bisa tidur dan membolak-balik tubuhnya diatas ranjang penuh gelisah, Sang Istri bertanya," Wahai Rasulullah, engkau tidak tidur semalaman?"
Rasulullah menjawab," Aku menemukan satu buah kurma dijalan, lalu aku pungut buah itu dan aku akan makan daripada nanti busuk dan terbuang sia-sia. Namun kini aku merasa gelisah, karena siapa tahu kalau buah kurma yang ku makan termasuk harta sedekah."
Jiwa yang bercahaya seperti gelas yang bening dan bersih. Sekecil apapun noda yang yang menempel akan jelas terlihat nyata. dan meski kelalaian yang dilakukan sudah cukup menggelisahkannya. Karena itu seorang yang berhati bening akan peka dan selalu berhati-hati menjaga kebersihannya
Sebaliknya, seorang yang yang berjiwa kotor sulit melihat kotoran yang menempel dihatinya. Ia tidak peka meski telah melakukan berbagai dosa. dianggapnya biasa saja. tak ada yang perlu digelisahkan.

Kita bisa mengambil pembelajaran dari diri seorang manusia sempurna, yaitu Rasulullah SAW, yang begitu berhati-hati dalam melihat sesuatu.mungkin bagi kita itu adalah hal biasa, tapi pada diri Rasulullah itu merupakan suatu yang membuatnya gelisah, karena beliau sangat taat kepada Allah, sehingga selalu menjaga hati dan jiwa agar selalu bersih dari segala dosa, mari kita mengambil contoh dari diri Rasulullah,sebagai panutan kita agar selamat dikehidupan dunia ini dan juga selamat dikehidupan Akhirat.

Tidak ada komentar: